Senin, 31 Desember 2012

SVG (Scalable Vector Graphics) _ Part II

Contoh Pembuatan Peta Vektor dengan format .SVG

---------------
Source code nya
----------------------


<svg>

<rect x="60" y="50" width="1065" height="620" stroke="black" stroke-width="3" fill="whitesmoke"/>
<rect x="90" y="80" width="665" height="560" stroke="black" stroke-width="3" fill="white"/>
<rect x="800" y="80" width="290" height="560" stroke="black" stroke-width="3" fill="white"/>

//Judul Peta
<text x="865" y="105" font-style="bold" font-size="25" >PETA VEKTOR</text>
<text x="845" y="130" font-style="bold" font-size="20" >GSP dan SEKITARNYA</text>
<polyline points="800 140 1090 140" stroke="black" stroke-width="3" fill="none" />

//Orientasi
<text x="940" y="159" font-size="15" font-style="bold" >U </text>
<polygon points ="946,165 956,200 946,185 " stroke="black" stroke-width="1" fill="black"/>
<polygon points ="946,165 936,200 946,185 " stroke="black" stroke-width="1" fill="none"/>
<text x= "895" y="220" font-size="15" >SKALA  1 : 1500 </text>
<polyline points="800 235 1090 235" stroke="black" stroke-width="3" fill="none" />

SVG (Scalable Vector Graphics) _ Part I



SVG merupakan bahasa yang digunakan untuk grafik 2 dimensi dan aplikasi grafis dalam format XML. Untuk mempelajari SVG perlu dasar tentang pemrograman web yaitu menggunakan HMTL dan dasar-dasar XML.
a.     Apa itu SVG?
·         SVG merupakan singkatan dari Scalable Vector Graphics
·         SVG digunakan untuk membuat grafik dengan mendefinisikan vector,yang akan digunakan dalam halaman web.
·         SVG mendefinisikan dalam format XML
·         SVG menghasilkan grafik yang tidak akan berkurang kualitasnya sebagai akibat proses zoomming maupun resizing.
·         Elemen dan attribut dalam SVG dapat dianimaai
·         SVG direkomendasikan oleh World Wide Web Consortium (W3C)
·         SVG terintegrasi dengan standar W3C lainnya misalnya DOM dan XSL

Sabtu, 29 Desember 2012

Transformasi Koordinat (Part I)



Pengertian
Yang dimaksud dengan transformasi koordinat ialah transformasi (perubahan) suatu sistem koordinat ke sistem koordinat yang lain.  Transformasi koordinat umumnya digunakan untuk merubah model terain/foto/citra dari sistem koordinat mesin (digitizer, scanner, camera) ke sistem koordinat peta tertentu. Peta merepresentasikan real-world dalam sistem koordinat yang dibangun melalui proses proyeksi tertentu.  Dalam proyeksi peta ini koordinat geografik titik di permukaan bumi (lintang, bujur) diproyeksikan ke koordinat kartesian (x, y).  Dalam bab ini akan dibahas transformasi koordinat 2D dari satu sistem kartesian ke sistem kartesian yang lain, yang meliputi:
* Transformasi Affine  
* Transformasi proyektif
* Transformasi polinomial

Transformasi Affine
Pada dasarnya transformasi Affine terdiri dari unsur-unsur transformsi scaling, “skewing”, rotating, dan translating; Masing-masing unsur transformasi tersebut dapat diilustrasikan dengan skema perubahan dimensi, bentuk, dan posisi seperti gambar berikut:

 
 

Riau Pos

Loading...

Manchester United Football News